Wednesday, 17 October 2012

Stop Pengangguran !!! dengan Penerapan Life Skill Concept dalam Tatanan Sistem Pendidikan (2)



HOW TO APPLIED THAT’S CONCEPT ?

Kapan tepatnya konsep ini mulai diterapkan? Jawabannya tentu sedini mungkin akan lebih cepat dan mudah untuk diterapkan. Bagaimana metode penerapannya? Sebenarnya tidak ada metode yang baku dalam penerapan life skill concept dalam sistem pendidikan. Yang terpenting harus dilakukan secara terus menerus dan dimulai dari hal – hal yang sederhana. Penerapannya dilakukan dengan cara yang sederhana serta disesuaikan dengan kondisi psikologi dan kecerdasan anak kita.

          Beberapa metode yang bisa diterapkan diantaranya adalah :
a.   Metode interview, yakni setiap kali putera – puteri kita pulang dari sekolah maka kita harus menyempatkan untuk menanyakan materi apa saja yang didapatkan pada hari itu di sekolah. Kemudian kita memberikan analog singkat dan mudah dipahami tentang kaitan materi yang diperoleh disekolah dengan kondisi lingkungan sekitar.
b.  Metode rekreasi, yakni disetiap hari minggu kita meluangkan waktu untuk bersantai bersama anak – anak kita di alam terbuka atau mungkin di tempat keramaian. Kemudian sambil lalu kita sisipkan pembahasan materi pelajaran sekolah mereka dianalogkan terhadap kejadian yang terjadi selama kegiatan rekreasi
c.   Metode partisipasi aktif, yakni kita melibatkan anak – anak kita dalam kegiatan kemasyarakatan sambil lalu kita menerapkan materi pelajaran mereka terhadap kegiatan kemasyarakatan yang tengah berlangsung
d.  Metode pengamatan melalui media massa cetak maupun elektronik, yakni dengan menganologkan peristiwa – peristima yang dimuat dalam media massa dengan meteri pelajaran yang mereka dapatkan.
e.  Metode melalui media film, yakni dengan meluangkan waktu istirahat untuk menonton film bersama keluarga. Nah proses penganologkannya bisa dilakukan selama film berlangsung maupun setelah film berlangsung.

Contoh kasus, saat anak kita mulai menerima materi tenteng air dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Maka kita bisa memulai diskusi maupun ceramah kepada anak kita mengenai manfaat air. Karena hampir semua kegiatan manusia membutuhkan air. Karena sifatnya yang mampu melarutkan hampir semua bahan – bahan yang ada dalam kehidupan kita. Mulai untuk mandi, mencuci bahkan untuk minum dan makan kita membutuhkan kehadiran air disana. Sehingga efisiensi dan efektifitas pemanfaatannya menjadi sangat penting. Kasus lain saat anak kita mulai menerima materi tentang kehidupan bermasyarkat dan bernegara maka kita bisa memperkaya penguasaan mereka dengan mengajaknya ikut menyaksikan maupun untuk terlibat dalam proses pembuatan KTP kita dan menjelaskan mengenai manfaat KTP untuk kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Inilah beberapa metode dan contoh kasus yang bisa diterapkan dan dikembangkan guna tercapainya penerapan konsep lifeskill dalam sistem pendidikan kita. Sehingga sebagai hasil akhir yang diharapkan, anak – anak kita mampu memanfaatkan dan menerapkan ilmu yang mereka dapatkan untuk memecahkan permasalahan hidup mereka nantinya.
   

No comments:

Post a Comment